Kamis, 18 Januari 2018

menyatakan masa depan dengan present progressive

    05.37   No comments


Sebelumnya kita sudah belajar apa itu present progressive, dan pastinya kita sudah mengetahui kalau present progressive atau present continuous itu digunakan untuk menyatakan kejadian yang sedang terjadi saat ini. Bagi yang belum mengerti apa itu present progressive atau present continuous boleh baca disini.

Tau kawan-kawan bahwa ternyata present progressive juga terkadang digunakan untuk menyatakan masa yang akan datang. Nah bagaimana bentuknya? silahkan kawan-kawan perhatikan contoh dibawah ini.

Ani is going to fly to Jakarta tomorrow (bentuk present future)
Ani is flying to Jakarta tomorrow ( bentuk present continuous yang menyatakan masa depan)


Andi is going to take a bus to Medan next week(bentuk present future)
Andi is taking a bus to Medan next week(bentuk present continuous yang menyatakan masa depan)

Kedua contoh diatas bermakna sama. Jadi kalau seandainya kawan-kawan menemukan kalimat seperti ini di suatu bacaan maka kawan sudah paham maksudnya.


Kata kata kerja yang sering digunakan untuk mengekspresikan masa depan dengan present progressive antaralain; arrive, leave, go, walk, fly, ride dll.

* Namun perlu kawan-kawan ingat bahwasanya penggunaan present progressive untuk menyatakan masa depan ini, menekankan perencanaan yang sudah sangat jelas di masa depan. Selain itu bisa juga digunakan ketika ingin menyampaikan suatu statemen yang sudah sangat diyakini akan dilakukan di masa depan.

Baiklah kawan-kawan, demikian sedikit pembelajaran kali ini. Kalau ada waktu untuk menambah ilmu, jangan lupa baca-baca artikel lainnya juga ya. Terima kasih sudah membaca, semoga menambah pengetahuan kita semua.

Mas Agus

About Mas Agus

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

Get updates in your email box

Complete the form below, and we'll send you our recent update.

Deliver via FeedBurner
© 2014 Knowlist. WP Theme-junkie. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.